Selasa, 08 Juli 2008

Transportasi Jakarta

Masalah Indonesia apa yah salah satunya???



Transportasi ??

Baikkah Indonesia mengurusi transportasinya??

Mungkin masih kurang sekali, fasilitas, perawatan, jalurnya , haltenya , dan lain-lainnya

Gw mencoba membandingkan kota di Russia , lalu Seoul Korea dengan Indonesia

Lihatlah Stasiun di Vladivostok di samping ini !!

Lihatlah di Rusia bagian Timur kota vladivostok...Kota perang besar di Rusia Timur.
Jalan-jalan lebar , transportasi busnya terawat baik , tidak terlalu macet , keadaan lalu lintas terkontrol dengan baik, yanh jika dibandingkan dengan kota Jakarta maka Jakarta sangatlah macet lalu motornya simpang siur sangat banyak sekali sehingga sangat mengganggu.
Di Vladivostok Rusia kendaraan pribadi tidak sebanyak di kota Jakarta. Kotanya bersih.. Jakarta sudah kotor, udaranya sangat kotor dan panas juga. Polusi kendaraan terlalu banyak. Motor-motor yang tak teratur.Lampu merah yang sering dilanggar pula.


Lihatlah gambar tata letak di Seoul !!!


Jika kita lihat di Seuol ..waw gw terkagum bgt..Indah .., rapi , bersih , udaranya segar, orangnya teratur dalam transportasi , disiplin di jalan , lampu merah ditaati , terdapat jalan bawah tanah untk jalan-jalan atau untuk menyeberang. jadi jarang sekali terlihat jembatan penyebrangan karena semua menyebrang dari bawah tanah. Lihatlah penjajak makannya, sdh bersih lalu teratur pula tidak seperti kaki lima di Indonesia


Jalan-jalan teratur , rapi , jalan layang sangat bagus di malam hari , terdapat halte bus yang unik , jalanan tdk terlalu macet. Ada Subway Train yang bagus sehingga jalur kereta api tidak menjadi salah satu penyebab macet. Tahukan bahwa bnyk toko2 sekelas ITC di Seoul tapi banyak yang berada di bawah tanah. Jadi sistem kotanya membuat di bawah tanah banyak ITC dan subway serta toko2 lainnya agar kota tidak terlalu padat sehingga transport akan semakin lancar. Lihatlah indonesia,banyak gedung dan bangunan yang membuat semakin macet serta banjir ,andai gedung2 sekelas ITC dapat dibangun di bawah tanah. Andai kereta api bisa dibangun di bawah tanah.
Macet itu akan semakin kurang. Lalu lalang motor juga perlu ditertibkan dengan jalur khusus yg kecil

Untungnya jakarta sedikit lebih baik dengan berkembangnya pool2 jalur busway transJakarta yang sangat cepat dan sangat membantu. Pada awalnya gw berpikir pembuatan busway akan gila , akan makin buat macet jakarta. Tapi dengan berkembangnya dan menambahnya jalur koridor busway manfaatnya pun makin terasa bagi kita semua. Fasilitas yg baik,koridor yg banyak, jalur tujuan yang makin banyak , jalan yg lancar , ongkos yg terjangkau yg membuat para pekerja mulai beralih dari bus biasa ke busway..

Semoga busway makin berkembang agar Jakarta tidak begitu macet lagi.

Bravo

2 komentar:

  1. Kalo kita naik busway, siap-siap mandi spa keringat di halte busway. Bisa-bisa sampai kita terangkut busway, kita nunggu sampai 1 jam. Sungguh cara berkendara yang sangat tidak nyaman sama sekali.

    BalasHapus
  2. Terimakasih saudara Hermawan komentarnya ;p
    Mari berupaya membangun fasilitas tsb ke depannya
    Memang tentunya pasti masih banyak kekurangan-kekurangan yg ada. Tapi disini kita bisa menjadi agen pembuat perubahan di hal tsb.

    Thanks ;p

    BalasHapus