Jumat, 28 November 2008

Tempat Pembuangan Limbah Beracun



Bacalah Buku Karangan Stephen C. Lundin " FISH"

Di sana banyak inspirasi mengenai semangat kita di dunia kerja (bisa dianalogikan di keadaan organisasi di universitas2)

Di lantai 3 sebuah perusahaan terjadi gejolak yang kacau sekali. Semangat para pekerjanya seakan bagai tempat pembuangan limbah beracun. Muka mereka terasa tidak bersemagat melangkan ke depan utk bekerja. Semangat mereka loyo , mereka kehilangan gairah kerjanya di pekerjaannya. Mungkin mereka tak peduli dengan sekitarnya pula. Mereka tak merasa senang dengan pekerjaannya , bagai terpaksa mengerjakannya.

Seorang pemimpin Mary Jane mendapat pelajaran luar biasa dr Lonnie seorang pengusaha ikan sukses. Dia berhasil mengubah perusahaan ikannya menjadi hal yg sukses luar biasa , dia mengubah perusahaannya menjadi pasar ikan yang sangat bergairah dan penuh semangat

Pelajaran yang diperoleh Mary Jane dr pasar ikan itu ada 4 poin yang berhasil mengubah tempat pembuangan limbah beracun menjadi perusahaan yang penuh gairah kerja kembali

1. Pilihlah sikapmu !!- Para fish guy sdara bahwa mereka memilih sikap mereka setiap harinya. Salah seorang di antaranya berkata , "Saat kamu mengerjakan pekerjaanmu , kamu menjadi apa?" Kamu menjadi pemarah dan membosankan , ataukah menjadi yang terkenal di dunia??
Kamu akan bertindak lain jika kamu memilih menjadi terkenal di dunia. "
ingin menjadi siapakah kita di saat mengerjakan pekerjaan kita nanti???Pilihlah sikap kita

2. Bermain - Para fish guy mendapatkan kesenangan saat mereka bekerja dan kegembiraan menimbulkan semangat yang tinggi. bagaimana cara kita mendapatkan lebih banyak kesenangan dan menciptakan semangat yang lebih tinggi lagi ??

3. Jadikan Hari yang Membahagiakan Mereka - Para fish guy melibatkan pelanggan di saat-saat gembira mereka. Mereka melibatkan para pelanggan dengan cara yang membangkitkan semanagt dan kepercayaan. Siapakah pelanggan kita dan bagaimana kita bisa melibatkan mereka sehingga menjadi hari yang membahagiakan bagi mereka ??
Bagaimana cara kita menciptakan hari bahagia bagi diri kita masing2 ??

4. Hadir -para fish guy tersebut benar2 hadir di saar bekerja. Pelajaran apakah yang dapat kita peroleh tentang kehadiran ini bagi diri kita sendiri dan juga diri orang lain??

Silahkan membawa hasil pikiran Anda di benak anda

Gw sangat terinspirasi dalam cerita ini, membuat gw berbenah dlm masalah organisasi dan membuat inspirasi gw mengubah kinerja di organisasi yang gw kerjakan. Terimakasih FISH- buat diriku berubah!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar