Minggu, 05 Februari 2012

Peluang Kerja Fresh Graduate untuk Sarjana Teknik Kimia

Karena topik kesempatan kerja bagi para lulusan Teknik Kimia sedang menjadi trending topik yang lumayan seru dibahas di berbagai media sosial, saya ingin mengulas sedikit kesempatan kerja bagi para lulusan Teknik Kimia, khususnya lulusan ITB yang masih fresh graduate.

Saya mencoba mengambil sampel dari 53 lulusan Teknik Kimia ITB yang paling terbaru (fresh graduate). Diagram dibawah ini mengambarkan profil distribusi pekerjaan para sarjana Teknik Kimia yang masih fresh graduate (baru bekerja kurang dari 1 tahun). Kita dapat melihat disini bahwa ternyata peluang untuk melanjutkan sekolah di jenjang S2 menjadi pilihan terutama bagi para mayoritas lulusan Teknik Kimia. Peluang pekerjaan menjadi konsultan EPC (Engineering, Procurement, Construction) dan Chemical Company masih menjadi pekerjaan terfavorit nomor 1 setelah lulus dari program S1 Teknik Kimia. Saya melihat fenomena ini terjadi karena memang bidang EPC dan Chemical Company sangat erat kaitannya dengan bidang yang ditekuni oleh para mahasiswa Teknik Kimia sehingga memang sangat cocok bagi yang ingin bekerja dengan bidang yang sesuai dengan pendidikannya. Selain itu ilmu dari universitasnya akan sangat tepat guna dan tidak berbeda jauh dengan apa yang dipelajarinya di kampus. Selain itu, bidang kedua yang menjadi favorit lulusan Teknik Kimia adalah bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Bidang ini mulai merambah di kalangan sarjana Teknik Kimia karena berbagai hal yang membuat pekerjaan ini menarik dan popular sekarang. Saya selanjutnya akan coba mengulas mengapa fenomena ini terjadi lebih mendalam.



EPC dinilai cukup menarik bagi sarjana Teknik Kimia karena bidang pekerjaan ini sangat erat kaitannya dengan bidang studi sarjana Teknik Kimia yaitu perancangan pabrik kimia, atau chemical plant design. Perusahaan EPC dinilai akan memberikan kesempatan yang besar bagi sarjana Teknik Kimia untuk mengasah ilmu keprofesian Teknik Kimia secara mendalam sehingga ilmu engineeringnya akan semakin menuju expert. Perusahaan favorit pilihan sarjana Teknik Kimia untuk bidang EPC adalah Saipem, Rekayasa Industri, dan Tripatra.

Chemical Industry juga dinilai berhubungan langsung dengan pendidikan sarjana Teknik Kimia. Hal tersebut menjadikan bidang ini juga menjadi favorit. Apalagi berhubungan langsung dengan bidang industri chemical yang menjadi inti dari keprofesian Teknik Kimia. Perusahaan favorit sarjana Teknik Kimia adalah BASF, Nalco, Givaudan, dan Lautan Luas.

FMCG menjadi salah satu pekerjaan favorit sarjana Teknik Kimia, karena dinilai dapat memberikan business sense yang tinggi saat menekuni di beberapa posisi pekerjaan FMCG. Benefit dari segi salary yang relatif tinggi juga menjadi alasan masuk ke FMCG, ditambah dengan career path yang baik pula. Skill baru seperti supply chain management, sales & marketing juga menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana Teknik Kimia. Teknologi baru yang ditemukan di production/technical division menjadi tantangan tersendiri lainnya. Perusahaan FMCG yang menjadi favorit sarjana Teknik Kimia adalah Nestle, Danone, Unilever, Kraft, dan L’Oreal.


Ivan Hadinata Rimbualam

3 komentar:

  1. salam kenal kk. saya s'org pelajar yg akn melanjut k universitas. dan jurusan yang saya pilih itu teknik kimia. saya mau tanya kk, apkah yg dipelajari di teknik kimia nnti pure ilmu murni ny atau lebih kpda pengaplikasiannya?
    dan thx kk ats postinganny, sgt membantu.
    ^^

    BalasHapus
  2. Kak,skrg saya kelas 12, mau ambil tek-kim, tp bagaimana untuk peluang kerja bagi wanita yg lulusan teknik kimia? Apakah sama dgn yg dijelaskan di atas atau lbh sedikit peluangnya kak? Thanks infonya ya,ka jdi tambah yakin..:)

    BalasHapus
  3. thank's informasinya, sangat membantu.

    www.kiostiket.com

    BalasHapus