Rabu, 24 Juni 2009

Bagaimana Mengubah Kekalahan Menjadi Kemenangan?


Banyak sekali kejadian atau pengalaman bagi banyak orang dalam mengalami kejatuhan, kegagalan dalam melakukan sesuatu. Misal, gagal dalam meraih project, gagal dalam ujian, gagal meraih pekerjaan, dll. Lalu bagaimanakan kita belajar menjadi orang sukses? Orang sukses tahu cara mengubah cara pikir(mindset) dari sebuah kekalahan, kegagalan, kejatuhan menjadi sebuah awal kemenangan. Lalu bagaimana? Saya membaca sebuah buku menarik, judulnya "The Magic of Thinking Big" karya David J. Schwartz. Adalah mungkin untuk mencari persamaan/ mencocokan orang terbuang, menengah dan orang yang sukses dalam tiap hal. Misalnya usia, pekerjaan, background pendidikan, kepandaian, kekayaan, nationality,dll. Namun satu hal yang tidak dapat dicocokan yaitu respons mereka terhadap sebuah kegagalan. Apa itu?

Kebanyakan orang sekarang menjadi orang yang terpukul gagal, ia jatuh, ia gagal pula untuk bangkit. Ia hanya berbaring di tempatnya terjatuh saja. Akan tetapi Tuan sukses akan mempunyai repons yang berbeda. Ia segera bangkit dr kejatuhannya, belajar dari kesalahannya dan melupakan pukulan tersebut dan bergerak maju menatap masa depan yang cerah. Yang diperlukan dunia yaitu hanyalah orang tekun yang tidak pernah berpikir bahwa dirinya kalah.

Kekalahan hanyalah sebuah keadaan pikiran. Pikiran kita yang menentukan kekalahan atau awal kebangkitan. Berhentilah menyalahkan takdir, karena tidak akan membawa kita ke tempat yang kita tuju. Yakinlah bahwa kita bisa bangkit dr kekalahan kita. Pikiran adalah senjata kita untuk bangkit. Refleksikan diri kita sejenak ketika kita gagal, pikirkan poin-poin ini berulang-ulang dan cari penyelesaian masalah dr kegagalan kita, pelajari kegagalan kita dan lakukan lebih baik lagi di kemudian hari.

1. Katakan kepada diri Anda sendiri bahwa " Pasti ada jalan"
2. Ambil nafas dan mulailah sekali lagi


Pelajari segala kegagalan kita dengan cermat dan detail untuk menjadi jalan bagi kita untuk sukses. Lanjutkan kemenangan di kesempatan berikutnya. Jadikan anda kritikus tajam bagi diri Anda sendiri, selidiki kekurangan dan kesalahan anda agar terjadi perubahan yang luar biasa di dalam diri Anda. Gabungkan ketekunan Anda dengan ekesperimen dan ingatlah sisi baik tiap situasi sehingga Anda mampu selalu bangkita dari setiap kegagalan. Amin..

2 komentar:

  1. makasih ya atas artikelnya, bagus banget tau.

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak ya
    Salam kenal,

    Ivan Hadinata

    BalasHapus