Selasa, 23 Juni 2009

Aplikasi Teknologi System of Rice Intensification (SRI) untuk Meningkatkan Produktivitas Padi di Desa Pakutandang

ABSTRAK

Pangan merupakan kebutuhan nutrisi bagi manusia. Kebutuhan yang penting ini merupakan penentu kesejahteraan sebagian besar penduduk pedesaan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh mata pencaharian mereka berupa ”on farm” yang terdiri atas petani berlahan dan buruh tani. Di Indonesia, ketahanan pangan dicerminkan oleh ketahanan komoditi beras yang merupakan komoditas pangan yang paling strategis di Indonesia. Oleh karena itu, diaplikasikanlah kegiatan Pengabdian Masyarakat ”Aplikasi Teknologi SRI (System of Rice Intensification) Untuk Meningkatkan Produktivitas Padi di Desa Pakutandang”

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada pengaplikasian teknologi SRI. Teknologi ini membutuhkan dua komponen penting, yaitu kompos dan mikroorganisme lokal (MOL). Oleh karena itu, kedua komponen tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan membangun reaktor berupa saung kompos untuk memproduksi kompos yang akan digunakan sebagai media tanam dari teknologi SRI. Selain itu, komponen MOL juga harus dipersiapkan. Hal ini dilakukan dengan cara memperkenalkan cara pembuatan MOL kepada masyarakat Desa Pakutandang RW 21. Metode yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini terdiri dari : survei, pendekatan ke masyarakat, propaganda, pembangunan saung kompos. penyuluhan, praktik pembuatan mikroorganisme lokal (MOL) dan kompos, praktik penanaman padi di polybag, dan pendampingan..

Program yang telah dilaksanakan selama empat bulan ini, telah memberikan hasil bagi masyarakat Desa Pakutandang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil produksi berupa kompos yang telah dicoba untuk tanaman singkong dan padi dalam polybag sebelum diaplikasikan pada lahan sawah mereka. Peningkatan produksi padi belum terlihat. Hal ini disebabkan program yang dilakukan ini harus dilakukan secara bertahap, yaitu mempersiapkan kompos dan MOL terlebih dahulu sebagai bahan dasar dari teknologi SRI ini. Setelah penggunaan kompos dan MOL dapat dilakukan dengan baik, diharapkan kedua komponen ini dapat digunakan untuk tanaman padi sehingga produktivitas padi dapat meningkat.

Kata kunci : System of Rice Intensification (SRI), Mikroorganisme lokal (MOL), kompos

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar