Senin, 06 April 2009

PRA - Pengabdian Masyarakat II, Ciparay


Hari Minggu , tanggal 29 Maret 2009 kemarin, beberapa tim kecil dari teman-teman saya Teknik Kimia melakukan pendekatan ke masyarakat RW 21 Ciparay Desa Pakutandang. Kami masih peduli akan keberlangsungan dari Pengabdian Masyarakat kami di Ciparay. Oleh karena itu kami datang lagi meneruskan program PM kami yang sempat tertunda karena agenda-agenda akademik kami yang padat. Kami hari itu melakukan pendekatan sosial ke masyarakat yang umumnya petani dengan alasan kami merasakan akan sangat penting aspek sosial bagi kami agar dekat ke masyarakat di sana agar proses keberlanjutan PM kami akan terjaga dengan baik. Karena ketika kita dekat ke masyarakat, kami akan diterima masyarakat bagaikan keluarga saja.
Agendanya yaitu kami bersama warga sana memperbaiki fasilitas dan bangunan kantor RW 21 serta fasilitas MCK di RW 21 yang belum layak pakai sebagai sarana pendekatan dengan warga. Kami bersama warga disana bersama-sama mengecat dinding kantor RW , mengisi kantor RW dengan papan tulis beserta spidolnya , lalu juga memasang papan nama Kantor RW dan juga menambahkan pintu bagi kantor tersebut. Untuk perbaikan MCK , kami tidak terlalu banyak membantu karena tukang batu disana sudah ahli dan kami tidak ahu bagaimana cara menyemen dan lain2. Kami hanya membantu angkat-angkat bambu dan juga mengaduk semen. Lalu kami juga makan bersama dengan warga sebagai salah satu wujud interaksi kita dengan warga sekitar RW 21 yang mayoritas petani dan buruh kerja. Tujuan kami melakukan kegiatan ini semua adalah agar kami menjadi makin dekat dengan warga dan makin banyak berinteraksi dengan masyarakat sehingga kami tahu apa yang sedang dibutuhkan warga khususnya petani di waktu - waktu sekarang ini.

Ini merupakan Pra-PM 2 kami sebelum kami masuk ke kegiatan/ program inti dari PM 2 kami yang akan kami fokuskan ke arah pembuatan kompos dan penanaman padi metode SRI. Kami sadar kami mahasiswa Teknik seringkali kurang memikirkan aspek sosial ketika kami mau masuk ke komunitas warga / masyarakat utk menerapkan suatu teknologi baru , oleh karena tiu kami belajar memperbaiki sisi-sisi sosial pendekatan kami. Kami tahu masyarakat suka akan sesuatu yang praktis dan langsung bisa dirasakan manfaatnya.


Semoga kegiatan kami diberkati agar berjalan lancar dan sukses!!
Percayalah kerja keras kita akan berbuah hasil , yaitu pembelajaran yang utuh sebagai mahasiswa.

2 komentar:

  1. nice blog!

    keep writing ya!

    visit:
    http://ikhwanalim.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Trimakasih yah...

    yup keep writing......

    BalasHapus