Jumat, 24 April 2009

Si Sukses Senang Hal Simpel


Beberapa waktu yang lalu, kira-kira sekitar 1 bulan yang lalu gw menghadiri suatu seminar motivator yang dibawakan oleh motivator terkenal di Asia. Seminar tersebut didatangi oleh lebih dari 1000 peserta. Makna dari seminar itu sangatlah berbobot dan penting bagi perubahan kehidupan kita kalau ingin menjadi orang sukses. Ada 1 pernyataan yang masih mengiang-ngiang di telinga saya sampai saat ini. Motivator terkenal di Asia berkata " Apa beda orang sukses dan tidak ?" Jawabnya ," bedanya yaitu " Orang sukses membuat hal yang rumit menjadi SIMPEL sedangkan orang pintar dan gagal mengubah hal SIMPEL menjadi rumit ! " Pernyataan yang luar biasa tersebut telah menyadarkan saya berkali-kali lipat lebih sadar bahwa " Si Sukses Senang Hal SIMPEL". Oiya, sadar kan kita..

Sebuah ilustrasi dari motivator terkenal tersebut untuk mempertegas pernyataan tersebut. Sebuah cerita lampau dari Amerika & Rusia. Astronot Amerika ketika terbang ke luar angkasa (ke luar bumi) untuk melakukan survei, penelitian atau hal-hal scientist lainnya mengalami sebuah hambatan. Ketika astronot Amerika mau mencatat hasil penelitiaanya atau hasil yang ditemukannya di luar angkasa, astronot tersebut tak bisa karena Pen yang digunakan tintanya terbang-terbang. Tinta pen yang digunakan terbang-terbang karena di luar angkasa gravitasinya sangat kecil sekali. Lalu astronot tak bisa mencatat akibat kondisi seperti itu. Kemudian scientist-scientist di Amerika melakukan riset dan penelitiaan dengan budget yang luar biasa besarnya demi menemukan cara agar tinta pennya tidak terbang-terbang , dalam rangka menciptakan pen khusus gravitasi kecil. Waw uang yang dibuang kata motivator tersebut sangat banyak. Tapi astronot Rusia beda, dia ketika ke luar angkasa jika mau mencatat sesuatu tidak menggunakan pen karena tidak bisa. Sehingga dia menggunakan pencil. Pencil ternyata bisa digunakan di gravitasi rendah sekalipun.

Waw, lihatlah 2 kondisi ini. Terbukti kan bahwa " Orang sukses membuat hal yang rumit menjadi SIMPEL,sedangkan orang pintar dan gagal mengubah hal SIMPEL menjadi rumit ! ". Contoh lainnya : Dosen yang berhasil/ sukses mengajar adalah dosen yang mampu mengubah materi perkuliahan yang rumit dalam text book tebal menjadi konsep-konsep materi yang simpel sehingga materinya dapat diterima dengan mudah oleh mahasiswanya. Jadi kalau mau belajar menuju proses ke Si Sukses, mulailah belajar mengubah hal-hal yang rumit menjadi simpel !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar