Rabu, 10 Desember 2008

Kunjungan Industri PT Cognis Indonesia , Depok



Kami anak-anak Teknik Kimia ITB bersama teman-teman seangkatan hari ini tgl 10 December 2008 berkunjung ke PT Cognis Indonesia , Depok. Lalu apa sih PT Cognis , apa saja yang ada di dalamnya. Mungkin itu semua pertanyaan kami di awal kunjungan industri ini.

Cognis ( we know how ) yang berlogo (simbol) mata ini merupakan industri kimia yang mempunyai bisnis di care product , nutrition & health dan functional chemical. Industri ini mempunyai cabang di 30 negara dan 6000 karyawan total sedunia. Pusatnya ada di negara Jerman sana. Indonesia merupakan salah satu cabangnya. Pabrik ini sangat mementingkan safety , lingkungan dan quality product. Terbukti dari standar ISO 9001,14001 dan 18001 yang dimilikinya. Pabrik ini mengolah bahan baku menjadi bahan baku lain yang akan digunakan oleh pabrik lain , wujud productnya memang tak bisa langsung dimanfaatkan oleh pembeli seperti makanan , product sampo yang langsung pakai. Produknya merupakan produk maya yang nantinya baru jadi produk jadi ketika sudah diolah pabrik lainnya. Pabrik ini dikatakan menghasilkan produk surfaktan (surface active reaktan).Pabrik ini juga punya berbagai CSR programs antara lain : Posyandu/ Posbindu (1 bulan 1 x) , Book Donations , Clean Water , Pendirian Sport Facilities dan Koperasi.

Produk pabrik salah satunya merupakan : SLS dan SLES ,

Both Sodium Lauryl Sulfate (SLS) and its close relative Sodium Laureth Sulfate (SLES) are commonly used in many soaps, shampoos, detergents, toothpastes and other products that we expect to "foam up". Both chemicals are very effective foaming agents, chemically known as surfactants.

SLS and SLES are esters of Sulphuric acid - SLS is also known as "Sulfuric acid monododecyl ester sodium salt", however there are over 150 different names by which it is known - see them here. In fact, SLES is commonly contaminated with dioxane, a known carcinogen.

Products commonly found to contains Sodium Lauryl Sulfate or SLES

Soaps
Shampoos
Bubble-baths
Tooth paste
Washing-up liquid / dish soap
Laundry detergent
Childrens soaps / shampoos
Stain Remover
Carpet Cleaner
Fabric glue
Body wash
Shave cream
Mascara
Mouthwash
Skin cleanser
Moisture lotion / Moisturiser
Sun Cream

sumber :http://www.natural-health-information-centre.com/sodium-lauryl-sulfate.html

Katanya sih kalo SLES wujudnya pasta , kalau SLS wujudnya needle (maaf kalo salah tulis) dan powder.

Alat2 yang digunakan berupa MP Reaktor , Coax Mixer , Bulk Mixer , dan banyak lagi. Selain dari PLN , Suplai listrik di pabrik ini menggunakan 3 genset sebagai backup. Paling kagum ma alat-alatnya yang canggih-canggih dan besar-besar. Safetynya juga sangat dipentingkan , kita sampai pake helm dan goggle. Hehe.. Sistem Waste Water Treatmentnya juga sangat baik demi keramahan lingkungan sekitarnya. Boilernya ada buat yang 5 ton dan 3 ton. Yang kecil buat back-up. Ternyata ribet juga yap. Sistem perpipaannya juga banyak , rumit.

Dengan kunjungan ini kita2 bisa tahu gimana sih sistem perpipaan di pabrik , gimana sih boiler , Mixer , Burner, Coax Mixer, Agitator , Sistem Batch Kontinu di sini , Griinder, Quality Control Product , Pengepakan dan gudangnya , serta sistem safety dan pengolahan limbahnya. Quality controlnya sangat baik bagi gw. Terimakasih buat makan siang dan pengalamannya.Hehehe.

Semoga pengalaman ini dapat dibagikan ke semua pecinta Teknik Kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar