Kamis, 04 September 2008

Daur Ulang Sampah Karton


Siapa bilang kalo sampah ga bisa hasilkan uang lagi..??
Sampah Aseptik yang merupakan sampah kotak minuman yg banyak beredar dengan merk SIG atau TetraPak ini sudah menjamur di pabrik2 makanan di Indonesia. Pengepakan dengan kemasan aseptik membuat produk makanan terjaga kualitasnya.
Kemasan aseptik terdiri dari karton , plastik dan aluminium foil.
Plastiknya dan aluminium foil bisa dijual. Masalah kardusnya kita dapat jadikan Pulp lalu dilakukan screening sehingga dilakukan daur ulang sampah karton. Kita jadikan bubur kertas lalu dicetak lagi menjadi kertas/ karton seni. Idenya bgus kan. Jadi bisa di recycle sampah2 kertas. Sampah2 koran juga bisa dijadikan pulp lalu diolah jadi kertas seni.

Baru2 ini mahasiswa TK ITB baru ngelakuin sosialiasi pendaurulangan sampah TetraPak khusus mengolah sampah kardusnya. Mahasiswa mengajarkan masyarakat di Legokhiris untuk mengolah sampah kardus menjadi pulp lalu dijadikan kertas daur ulang. Kertasnya bisa dijual lagi. Memang masyarakat masih takut memulai mengolah sampah kertas menjadi kertas seni. Tapi ini tantangan bagi kita untuk meyakinkan masyarakat daripada hanya menganggur saja.

Dari kegiatan proyek sosialiasi pengolahan sampah Aseptik ini Kadiv Workshop Himatek ITB , Fernando mampu meraih prestasi menjadi duta lingkungan Indonesia ke Bayern (Jerman ) dalam ajang BYEE dan pada ajang PKM mampu meraih peringkat 2 senasional. Selamat.Ini Foto Kertas Daur Ulang yang sedang dikeringkan di bawah sinar matahari
Tim Sosialisasi Daur Ulang Sampah ke Legokhiris Papan pencetak kertas daur ulangFoto gw lagi sosialisasi

3 komentar:

  1. bagaimana cara memisahkan plastik, alumunium dan kertasnya?

    BalasHapus
  2. cara memisahkan plastik, aluminiumnya dan kertasnya hanya dengan cara sederhana, yaitu dengan mencelupkannya ke baskom air dan mengelupaskannya satu per satu. Jika sudah terampil, pastilah mudah melakukan pengupasan antar lapisannya...

    BalasHapus
  3. beli papan pencetak kertas daur ulang nya di mana ya? atau kita harus buat sendiri? trims. :)

    BalasHapus