Minggu, 08 Juni 2008

Astronomi Makin Maju di Indonesia

Waw...saat saya membandingkan peralatan astronomi tahun 2005 dengan peralatan astronomi 2008 sekarang berbeda sekali dari segi kuantitas dan kualitas.Pemerintah mulai membantu membeli peralatan astronomi yang semakin canggih. Mungkin dulu kebanyakan teleskop yang boleh digunakan oleh mahasiswa hanya teleskop manual tapi sekarang sudah bisa menggunakan komputer automatic dengan komputer dan CCD. Bahkan berbagai software melengkapi kecanggihan ari utilitas dari teleskop seperti CCD Ops.

Saya merasa senang dengan jumlah teleskop yang makin banyak saja. Saya mendengar 27 teleskop baru didatangkan untuk mengadakan olimpiade internasional astronomi tahun ini di Bandung. Utilitas pelengkapnya pun banyak. Semoga pemerintah makin memperhatikan kemajuan astronomi Indonesia. Karena negara majupun semakin memajukan ilmu astronomi ini.

Yang saya pertanyakan, kalau dulu olimpiade atsronomi dengan naked eye atau operasi teleskop manual saja sudah rumit bagi anak SMA. Bagaimanakah jika harus menggunakan komputer dan perlatan penunjang lainnya yang canggih , apakah anak SMA mampu? kita lihat saja nantinya.

Semangat bagi yang OSN Makassar , APAO dan IOAA BAndung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar