Minggu, 03 Mei 2009

Why Smart Executives Fail?

Dari pagi gw mencoba meningkatkan motivasi gw untuk membaca buku yang sudah lama gw beli namun belum ada waktu untuk membacanya. Buku tersebut adalah Why Smart Executives Fail? Setelah gw memacu semangat gw buat membacanya ternyata gw gagal berkali-kali untuk membacanya. Bacaannya yang sangat banyak dan berat bahasanya membuat gw memilih mengerjakan hal-hal lainnya terlebih dahulu. Hehehe...Tapi kalau gw mencoba menganalisis kenapa banyak orang cerdas gagal adalah masalah komunikasi. Masalah ini pernah menjadi masalah yang sangat krusial ketika gw diberikan kesempatan menjadi ketua suatu kepanitiaan. Yaph, berdasar pengalaman gw banyak faktor kegagalan dalam sebuah kepemimpinan atau pekerjaan. Salah satunya faktor utama komunikasi. Segala hal yang berhubungan dengan komunikasi itu sangat krusial setelah gw menyadarinya. Ketika semua anggota gw dan rekan gw kinerjanya turun, semangat & motivasinya turun. Itu semua kebanyakan dan seringkali karena komunikasi yang kurang atau bahkan tak efektif. Rapat lama-lama tapi komunikasinya tidak berjalan efektif menyebabkan kerja kelompok fatal dan tidak berjalan lancar. Komunikasi yang salah bisa menyebabkan salah paham, kurangnya transparansi , kurangnya saling kepedulian dan lain-lain. Role dari komunikasi ini memegang kunci utama keberhasilan seseorang. Mau sepintar apapun suatu orang ketika dia tidak bisa mengkomunikasikan apa idenya, maka seseorang itu akan FAIL. Ketika suatu dosen yang sangat pintar mengajar banyak mahasiswanya tanpa ilmu komunikasi yang baik, maka dosen tersebut akan dinilai tak bisa mengajar atau bahkan dicap tak capable dalam menjalankan tugas-tugasnya. Ketika seseorang pemimpin tidak bisa menjaga stabilitas komunikasi antar anggotanya akan terjadi suatu masa-masa buruk yang akan dilaluinya dan itu pernah terjadi pada gw dan gw sudah merasakan dampaknya. Efeknya luar biasa..hehehe...Jadi belajarlah ilmu komunikasi .....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar