Jumat, 30 Mei 2008

Zodiak ke-13


Seperti pemberitaan yang sudah-sudah zodiak kita berubah. Sekarang zodiak yang ada sudah ada 13. Ada 1 tambahan zodiak baru (yang sebenarnya tidak baru2 amat) tapi kita jarang mengetahuinya. Yaitu namanya Ophiuchus , dilambangkan sebagai pawang ular yang memegang 2 ular. Ternyata rasi bintang itu gak cuma untuk zodiak. Rasi bintang sesungguhnya ada 88, dan untuk zodiak yah cuma 13 itu.

Menurut Dosen Departemen Astronomi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung (ITB), Taufiq Hidayat, yang dikutip dari Republika, perubahan rasi bintang tersebut tidak mendadak. Sedikit demi sedikit terjadi perubahan akibat perubahan rotasi bumi dan sistem koordinat mempengaruhi perubahan. Kalender astronomi direvisi setiap 50 tahun untuk penelitian komprehensif. Walaupun diakuinya, pergeseran dalam 50 tahun tidak terlalu terlihat. Pergeseran tersebut akan terlihat setelah ribuan tahun. Bumi mengelilingi matahari dalam orbit yang hampir berbentuk lingkaran yang dilatarberlakangi oleh bintang-bintang. Bumi sendiri membutuhkan waktu satu tahun sekali untuk mengorbit matahari. Sedangkan zodiak merupakan rasi-rasi yang dilewati matahari setiap tahun. Letak rasi zodiak berada di ekliptika yakni lintasan semu matahari di langit. Dari sudut pandang heliosentrik, gerak semu ini tidak lain menguraikan gerak bumi mengelilingi matahari. Selain itu, rasi zodiak berada satu bidang dengan orbit bumi.

Akibatnya mungkin saja kita yang berzodiak aqurius berubah jadi capricorn atau lainnya..selain itu patokan tanggal/kalendar juga berubah...

Jadi mulai sekarang sebaiknya anda tahu bahwa zodiak kita sekarang ada 13 bukan 12 lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar