Jumat, 30 Mei 2008

Persiapan menuju Pengabdian Masyarakat HIMATEK 2008 DEWI SRI


Mahasiswa Teknik Kimia ITB tahun ini akan mengadakan Pengabdian Masyarakat 2008. Apa yang akan kami lakukan? Kami akan mengadakan pelatihan penanaman padi dengan metode Padi SRI di daerah Ciparay. Sudah pernah dengarkah anda apa itu metode padi SRI. SRI adalah (System of Rice Intensification)Kami akan didampingi oleh salah satu dosen Teknik Kimia ITB yaitu Dr. Mubiar Purwasasmita. Beliau adalah pakar teknologi proses dan pemerhati lingkungan di Jawa Barat telah memberikan komitmennya untuk turut serta membantu pelatihan ini. Beliau telah berhasil menerapkan metode SRI di berbagai daerah di Indonesia.

Pelatihan tahap pertama proses ini adalah pembelajaran kepada masyarakat bagaimana menyiapkan kompos dari sampah organik yang dibutuhkan dalam SRI. Sejalan dengan hal itu, pelatihan SRI akan dilakukan. Deskripsi kegiatan yang akan kami lakukan yaitu terdapat kegiatan pengadaan taman bacaan untuk anak kecil sebagai sarana pendidikan informal di daerah tersebut. Lalu pelatihan pembuatan kompos dan mol , serta pengantar pengenalan metode penanaman dengan metode SRI. Kami juga akan mengadakan acara kebersamaan seperti olahraga bersama, pentas seni, nonton bersama serta lomba masak dan terdapat berbagai kegiatan lainnya.

Kami berharap dengan kegiatan ini, kami semua dapat membantu masyarakat di daerah Ciparay dengan ilmu yang kami dapatkan di kampus. Semoga kegiatan ini sukses sampai hari H nya nanti.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar