Kamis, 20 Agustus 2009

Zero Waste Event Open House Unit ITB 2009


Saya turut bangga akan diselenggarakannya kegiatan "Zero Waste Event pada Open House Unit ITB 2009" tahun ini. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian para mahasiswa terhadap lingkungan sekitar kampus mereka. Tim Zero Waste Event merupakan kumpulan relawan mahasiswa yang meluangkan waktu mereka untuk peduli terhadap lingkungan kampusnya melalui program meminimalisir terbentuknya sampah dalam berbagai event di kampus mereka. Program ini merupakan kerjasama dari berbagai himpunan dan unit di kampus beserta lembaga-lembaga lain di kampus untuk mewujudkan Eco-Campus di suatu saat nanti.

Zero Waste Event mempunyai tujuan utama 3 R bagi sampah yang terbentuk dalam suatu event yaitu Reduce, Reuse dan Recycle. Sampah diupakan dibuang dalam keadaan terpisah sehingga akan lebih mudak diolah kemudian. Misalnya untuk sampah yang mudah membusuk bisa langsung diolah menjadi kompos dan digunakan bagi penyubur tanaman. Terbentuknya sampah sangat diupayakan untuk diminimalisir semaksimal mungkin sehingga suatu kegiatan besar tidak menghasilkan sampah yang terlalu banyak, apalagi sampah yang berbahaya seperti stereofoam. Sampah lebih baik diolah sendiri setelah dipilah-pilah sebelum dibuang ke tempat pembuangan sementara, Jadi lebih baik kita mengelola sendiri sampah yang kita hasilkan dibandingkan hanya memindahkan gundukan sampah ke lokasi lainnya tanpa diolah. Dalam kegiatan kali ini sampah dipilah-pilah menjadi sampah kertas, sampah mudah membusuk dan sampah tidak mudah membusuk. Bagi sampah yang sukar sekali untuk membusuk seperti stereofoam, plastik kresek hitam, sampah baterai akan dibuang ke tempat khusus yang dinamakan Zero Waste Indicator, yang merupakan indikator seberapa banyak sampah berbahaya yang berada di lingkungan event tersebut. Ada zona green, yellow dan red pada Zero Waste Indicator. Jika tumpukan sampah berbahaya dalam wadah ini semakin menuju ke zona Red, maka hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan ini semakin menghasilkan sampah yang semakin tidak Zero Waste.

Dalam kegiatan kali ini tim zero waste terbagi 3, ada Zero Waste Spot (di dekat lokasi tong pemilahan untuk membuang sampah), Zero Waste Center (Pusat informasi bagi kegiatan Zero Waste,berupa informasi mengenai cara-cara me-recycle sampah, daur ulang kertas, takakura / composting, dll) dan Zero Waste Indicator.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar