Senin, 05 November 2012

Peluang Kerja di FMCG Lokal dan MNC

Apakah Anda baru saja lulus dari perguruan tinggi Anda? Mungkin Anda baru melewati fasa - fasa senang dan bangga saat dapat lulus dari perguruan tinggi Anda, apalagi Anda lulus dengan berbagai prestasi akademik atau prestasi organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Sebagian besar mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tingginya pasti sudah memiliki rencana dimana mereka akan bekerja dan meniti karirnya setelah lulus. Berbagai bidang pekerjaan dapat menjadi opsi dimana mereka akan meniti karirnya, mulai dari bidang Telekomunikasi, Petrokimia, Asuransi, Management Consulting, Fast Moving Consumer Goods, Telekomunikasi, Dosen / Peneliti / Guru, dan banyak lagi bidang-bidang menarik lainnya.

Kali ini kita akan membahas satu bidang yang relatif menarik dan sedang naik daun saat-saat ini, yaitu bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Fast Moving Consumer Goods dapat dibagi menjadi dua bidang fokus, yaitu perusahaan yang fokus ke bidang personal & home care products dan juga perusahaan yang fokus ke bidang food and beverages (F & B). Beberapa hal yang menarik di bidang FMCG ini adalah produk-produknya nyata beredar di pasaran, sering dikonsumsi oleh kita sendiri, keluarga kita, ataupun teman kita sendiri. Pergerakan produk-produk FMCG di pasar yang sangatlah cepat membuat bidang ini banyak disukai oleh berbagai orang karena dinamika tantangannya. Persaingan yang ketat antara satu FMCG dengan FMCG lainnya lewat perang harga, perang diskon, perang promosi / iklan, perang benefit produk, dan kemenarikan packaging menjadi keseharian tantangan bagi pekerja di FMCG. Produk hasil industri FMCG terdiri dari shampo, sabun, deterjen, pasta gigi, popok bayi, pelembab wajah, pencuci wajah, deodoran, susu bubuk / cair, teh, kopi, permen, minuman kaleng / kotak, sereal, snack, coklat, air mineral, air bersoda, mie instan, dan masih banyak lagi.  Beragam peluang kerja terbentang luas di bidang FMCG ini.

Beberapa perusahaan lokal (Indonesia) yang sering menjadi incaran / favorit bagi para lulusan muda generasi Y ini adalah Indofood, Nutrifood, Kalbe, Teh Botol, Garudafood, Lion Wings, Ultrajaya, Orang Tua, Martha Tilaar, Viva Cosmetic, dan Kapal Api. Indofood memiliki kekuatan di bidang mie instan, susu, tepung terigu, snacking, dan bumbu-bumbu masak. Nutrifood terkenal memiliki kekuatan di produk-produknya yang bernutrisi, seperti minuman bernutrisi, susu yang bernutrisi, susu diet, dan produk pemanis minuman. Kalbe menarik dan terkenal karena memiliki range produk yang luas dan bervariasi sekali, serta juga terkenal dengan produk-produk minuman dan snacking yang inovatif. Deretan produk - produk Teh Botol, Garudafood, Lion Wings, Ultrajaya, Orang Tua, Martha Tilaar, Viva Cosmetic, dan Kapal Api juga memiliki brand - brand produk yang kuat dan jadi market leader di Indonesia. Jadi ternyata cukup luas juga ya pilihan-pilihan peluang kerja di FMCG lokal setelah kita melihat deretan nama-nama perusahaan FMCG lokal tersebut

Jikalau kita mencari peluang kerja di FMCG MNC / Multinational Company, maka kita dapat melihat peluang kerja di sederetan perusahaan ini: P&G, Nestle, Unilever, L'oreal, Danone, Coca Cola, Pepsi, Kraft, Heinz, Frisian Flag, Arnott's, KAO, dan masih banyak lagi. Setelah kita telaah-telaah, ternyata perusahaan FMCG tergolong sangat luas dan banyak membuka peluang kerja bagi kita semua para lulusan muda generasi Y. Jadi pilihlah dengan baik pilihan karir Anda dan selamat memilih kawan-kawan.


Note: Terbuka akan masukan / komentar yang konstruktif, serta saran & kritik. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar