Jumat, 05 November 2010

Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) XII

Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) XII 2011 mengusung tema :

“PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI NASIONAL”

LRPTN XII diadakan sebagai stepping stone bagi kalangan akademisi dan praktisi Teknik Kimia untuk mencurahkan ide dan pemikiran dalam pengembangan industri kimia yang berbasiskan sumber daya alam Indonesia, untuk meningkatkan ketahanan pada sektor pangan dan energi nasional. Penggunaan frase “sumber daya alam Indonesia” mencerminkan bahwa bahan baku proses yang digunakan dalam perancangan pabrik berasal dari potensi-potensi kekayaan alam yang berasal dari daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya alam yang belum tergali dengan baik sehingga diharapkan dengan adanya LRPTN XII dapat memberikan ide-ide solutif dan inovatif, yang dituangkan dalam bentuk rancangan pabrik. Selanjutnya dihapkan bahwa rancangan pabrik tersebut dapat diaplikasikan secara langsung, sehingga sumber daya alamnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan energi pada tiap daerah di Indonesia. Pemenuhan pangan dan energi yang telah terjamin diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan dan energi nasional.

LRPTN XII diharapkan dapat mencetuskan ide-ide solutif dan inovatif mengenai pemanfaatan sumber daya Indonesia secara optimal tanpa melupakan kearifan lokal sebagai upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan dan energi nasional, serta menjadi penggerak bagi perindustrian di Indonesia. Pada akhirnya, LRPTN XII diharapkan dapat menjadi batu pijakan bagi perkembangan industri di Indonesia, untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri.

Perkembangan industri kimia saat ini tidak lepas dari kemampuan dan kreativitas para insinyurnya, yang selalu memberikan ide-ide baru sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Kecakapan seorang insinyur tentunya tidak diperoleh secara instan, namun perlu dibentuk semenjak duduk di bangku kuliah. Untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas para calon insinyur teknik kimia, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB bekerjasama dengan Program Studi Teknik Kimia ITB mengadakan Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN). LRPTN merupakan sebuah kompetisi rancang pabrik yang mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan isu-isu aktual dalam dunia industri. Sampai sekarang, LRPTN telah berhasil diselenggarakan sebanyak 11 kali sejak tahun 1996.

LRPTN yang pertama kali diadakan diikuti oleh 8 kelompok peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan dewan juri terpillih, yang memiliki kompetensi dalam menilai rancangan suatu pabrik dari sudut pandang keilmuan, khususnya Teknik Kimia. Rangkaian acara LRPTN diisi oleh pembicara-pembicara yang secara khusus diundang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman menarik mereka berkaitan dengan tema dari tiap LRPTN. Semenjak LRPTN IV pada tahun 2000, kompetisi ini dikategorikan menjadi 2, yaitu kategori perancangan pabrik dan problem solving. Kategori perancangan pabrik ini dilombakan dengan pembatasan berdasarkan subtema utama dari LRPTN, sedangkan untuk kategori problem solving dilombakan untuk memfasilitasi ide-ide solutif dan inovatif dari mahasiswa dalam memecahkan masalah nyata yang sedang terjadi dalam suatu pabrik tertentu.

Selanjutnya, pada LRPTN V yang diselenggarakan pada tahun 2001, kategori LRPTN diubah menjadi 3 kategori, yaitu Lomba Rancang Pabrik Kategori A, Lomba Rancang Pabrik Kategori B, dan problem solving. “ Format kompetisi LRPTN dengan 3 kategori tersebut dianggap mampu memfasilitasi ide-ide solutif dan inovatif dari mahasiswa sehingga penyelenggaraan LRPTN berikutnya, mulai dari LRPTN VII hingga LRPTN XI mengikuti format yang hampir sama dengan LRPTN V. Banyak pihak memandang LRPTN merupakan suatu kegiatan yang memberi dampak positif bagi perkembangan mahasiswa Teknik Kimia di Indonesia dalam meningkatkan kemampuan aplikatif mahasiswa dalam melakukan suatu pra rancangan pabrik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah peserta yang turut bergabung untuk mengikuti LRPTN ini tiap tahunnya.

Penyelenggaraan LRPTN diharapkan dapat menjadi suatu wadah berkarya bagi mahasiswa se-Indonesia dalam lingkup keilmuan Teknik Kimia. Selain itu, LRPTN ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan industri nasional.

Proposal Peserta LRPTN XII : berupa prosedur pendaftaran, syarat peserta, hadiah finalis, penjelasan detail tema dan kategori LRPTN XII, bobot penilaian, format laporan Rancang Pabriknya, beserta tambahan-tambahan lainnya dapat didownload di http://www.lrptn.com/downloads-form/

Pendaftaran Online "Peserta Kompetisi Nasional Teknik Kimia Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional (LRPTN) XII" telah dibuka, 11 Oktober - 5 Desember 2010. Silahkan mengisi form pendaftaran online http://www.lrptn.com/pendaftaran-online/

Deskripsi kasus kategori C “Problem Solving” LRPTN XII telah dipublikasi di www.lrptn.com. Hal tersebut merupakan gambaran umum kasus yang terjadi di PT Ganesha Energy 77, Indonesia. Bagi peserta kategori C, silahkan melakukan pendaftaran online terlebih dahulu. Detail soal kategori C LRPTN XII berupa data-data pendukung dalam penyelesaian kasus akan dipublikasikan pada 30 November 2010.

Tata cara pembayaran bagi peserta LRPTN XII

Pembayaran dapat dilakukan mulai 17 Januari 2011 – 1 Februari 2011 dengan mentransferkan uang ke rekening Penampungan PPM FTI‐ITB Cabang BNI ITB dengan No. Rekening 0901012015. Konfirmasi pembayaran peserta LRPTN XII dapat dilakukan dengan mengirimkan tanda bukti pembayaran berupa hasil print bukti transfer pembayaran ke alamat sekretariat panitia LRPTN XII paling lambat 1 Februari 2011 atau pengiriman e-mail hasil scan bukti pembayaran transfer ke pendaftaran@lrptn.com. Peserta diharapkan memegang bukti pembayaran sampai acara LRPTN XII selesai sebagai salah satu syarat administrasi peserta.

Kunjungi website LRPTN XII : www.lrptn.com atau email ke lrptnxii@lrptn.com

Terimakasih atas perhatian dan partisipasinya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar