Rabu, 20 Oktober 2010

Roadshow LRPTN XII di Universitas Katolik Parahyangan Bandung, 28 Oktober 2010

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB mengadakan Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional ke-12 bertemakan “PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI NASIONAL” dengan total hadiah lebih dari 40 juta rupiah .

Roadshow LRPTN XII terakhir akan diadakan di Gedung 10, Ruang 10.209 Universitas Katolik Parahyangan Bandung, 28 Oktober 2010 jam 13. Datang ya. Kunjungi detail LRPTN XII di www.lrptn.com



Liputan Roadshow LRPTN XII di 7 kota :

Medan : Kota Pembuka Roadshow LRPTN XII
Cuaca kota Medan semakin terasa panas setelah panitia (Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional) LRPTN XII mengadakan roadshow di Jurusan Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara (USU) pada hari Selasa, 28 September 2010. Antusiame mahasiswa Teknik Kimia USU yang belum banyak mengetahui informasi LRPTN XII menjadi penyebabnya. Sekedar informasi, Medan menjadi kota pertama yang didatangi panitia LRPTN XII sebelum berkunjung juga ke beberapa kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Palembang, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Perwakilan panitia LRPTN XII untuk kota Medan—Sarmedi Sia dan Risca Yanditia (Teknik Kimia ITB)—disambut langsung oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) USU—Bambang Wahyu Pramono—di halaman Jurusan Teknik Kimia USU. Roadshow LRPTN XII di USU sempat tertunda selama 1 jam karena alasan operasional. Namun, acara yang akhirnya dibuka pukul 11.00 WIB tersebut tetap tidak menyurutkan minat sekitar 35 mahasiswa Teknik Kimia USU untuk menghadiri roadshow yang berlangsung di ruang J-104 Teknik Kimia USU. Acara roadshow ini dipandu oleh Andre Yanda Putra yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia USU angkatan 2007. Sarmedi Sia yang mewakili tim materi LRPTN XII pun mempresentasikan sejarah, hadiah, tema, dan kategori LRPTN XII. Sementara Risca Yanditia yang mewakili divisi pendaftaran LRPTN XII banyak menjelaskan prosedur pendaftaran untuk peserta LRPTN XII. Meskipun awalnya malu-malu, akhirnya banyak juga pertanyaan terlontar dari mahasiswa Teknik Kimia USU. Rasa keingintahuan mereka pun dijawab dengan baik oleh Risca dan Sarmedi. Tanpa terasa, dua jam pun sudah berlalu dan acara akhirnya ditutup kembali oleh Andre. Sebuah harapan yang besar pun muncul untuk menantikan kiprah mahasiswa Teknik Kimia kota Medan—khususnya mahasiswa USU—dalam ajang LRPTN XII. Sang ketua HIMATEK USU, Bambang, secara terpisah juga menuturkan harapannya untuk melihat banyak mahasiswa Teknik Kimia USU mengikuti dan memenangkan lomba ini. Roadshow LRPTN kota Medan telah berakhir. Saatnya kita menantikan karya terbaik anak bangsa dari tanah Sumatera Utara ini. Maju terus kota Medan untuk LRPTN XII !!!


Laporan Roadshow Kedua dari Kota Pejuang, Surabaya
Surabaya merupakan tempat kota tujuan kedua dari rangkaian acara roadshow LRPTN XII ini. Roadshow di kota pahlawan ini diadakan pada tanggal 30 September 2010 dari pukul 10.00 – 12.00 bertempat di Universitas Widya Mandala, Surabaya. Meskipun kota ini ditempuh melalui perjalanan panjang selama kurang-lebih 13 jam, hal ini tidak menyurutkan semangat panitia yang hadir di sana untuk memberitakan informasi mengenai Lomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional XII pada insan mahasiswa Teknik Kimia di Surabaya.
Perwakilan panitia LRPTN XII yang hadir pada acara roadshow di kota Surabaya adalah Yohanes dan Thomas yang langsung dijemput oleh perwakilan dari Universitas Widya Mandala—Fransiskus Christian—pada stasiun Gubeng, Surabaya. Meskipun waktu baru menunjukkan pukul 09.00 sudah ada beberapa peserta yang kelihatan menunggu untuk menghadiri acara roadshow yang baru akan diadakan sejam kemudian. Acara dimulai pada pukul 10.00 pada ruang Bartolomeus dengan peserta awal baru berasal dari Universitas Widaya Mandala saja. Satu jam kemudian peserta dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) hadir bertepatan ketika sesi tanya jawab telah dimulai. Antusiasme 25 peserta yang hadir pada acara roadshow di kota Surabaya cukup tinggi, dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan – pertanyaan yang diajukan kepada panitia. Pertanyaan yang dilontarkan kebanyakan seputar kesesuaian tema dan teknis materi LRPTN XII. Setelah sesi formal roadshow selesai, panitia tinggal sampai jam 12.00 untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan lain yang belum terlontarkan pada sesi tanya jawab sebelumnya. Roadshow LRPTN XII pun berakhir untuk kota Surabaya, namun rangkaian acara roadshow belum berhenti hanya pada kota ini karena Palembang akan menjadi kota tujuan berikutnya. Tunggu kehadiran kami selanjutnya di roadshow kota Palembang!

Cerita Roadshow dari Kota Palembang
Rangkaian roadshow LRPTN XII di 7 kota sampai juga di kota Palembang pada 4 Oktober 2010. Roadshow diadakan di Universitas Sriwijaya (Unsri) yang terletak di Indralaya, 32 km dari kota Palembang. Setelah menempuh 7 jam perjalanan, perwakilan panitia LRPTN XII untuk kota Palembang—Febrigia Ghana dan Anggiat Yonathan (Teknik Kimia ITB)— tiba di Unsri Bukit dan dijemput oleh perwakilan Imatek (Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia) Unsri, Akhmad Sofyan, menuju Unsri Indralaya. Roadshow direncanakan akan dilaksanakan pada pukul 10.00- 12.00 WIB.
Tiba di Indralaya, perwakilan panitia LRPTN XII langsung disambut hangat oleh Ketua Imatek Unsri, Sapta Riana, dan beberapa mahasiswa Unsri yang telah menunggu di ruang dekanat Fakultas Teknologi Unsri tempat roadshow dilangsungkan. Meski acara sempat tertunda 45 menit untuk menunggu kehadiran mahasiswa lainnya, namun tidak menyurutkan antusias 25 orang calon peserta dari Unsri. Acara roadshow dipandu oleh Fandy, mahasiswa teknik kimia Unsri, dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Imatek Unsri. Dalam sambutannya, Sapta berjanji akan memfollow up acara ini ke 6 universitas lain yang saat itu berhalangan hadir. Pemaparan acara LRPTN XII pun dibuka oleh Febrigia Ghana yang mewakili tim materi LRPTN XII dengan mempresentasikan sejarah, tema, dan kategori LRPTN XII. Dilanjutkan oleh Anggiat Yonathan yang mewakili divisi pendaftaran LRPTN XII yang banyak menjelaskan prosedur pendaftaran untuk peserta LRPTN XII. Pada sesi tanya jawab, antusias calon peserta mulai terlihat. Tercatat 11 buah pertanyaan dalam 2 sesi tanya jawab. Selanjutnya acara pun ditutup kembali oleh Fandy. Setelah kurang lebih satu setengah jam, acara formal pun berakhir. Namun masih terdapat beberapa calon peserta yang masih antusias bertanya pada panitia. Sebuah harapan yang besar pun muncul. Mereka pun berambisi untuk mencatatkan nama universitas mereka di daftar finalis LRPTN, karena selama 11 kali LRPTN belum ada finalis dari kota Palembang. Roadshow di kota Palembang pun berakhir. Roadshow pun selanjutnya akan diadakan di kota Jakarta. Mari sama-sama kita sukseskan LRPTN XII!!!

Catatan Roadshow dari Kota Lumpia, Semarang
Rangkaian acara Roadshow LRPTN XII di 7 kota akhirnya sampai di kota Lumpia, Semarang. Acara yang berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2010 ini diadakan di kampus Universitas Diponegoro (Undip) yang berlokasi di daerah Tembalang. Roadshow di kota ini direncanakan berlangsung pada pukul 13.00-15.00. Perwakilan panitia LRPTN XII untuk kota Semarang yaitu Thomas dan Putu tiba di gerbang kampus Undip pada pukul 12.00 dan dijemput oleh perwakilan HMTK (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia) Undip, I Made Aditya. Tiba di gedung B Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia Undip, kami disambut oleh beberapa orang teman HMTK lainnya. Sebelum acara dimulai, kami juga mendapat sambutan hangat dari Kepala Jurusan Teknik Kimia Undip, Bapak Ir. Abdullah, MS, Ph.D, yang menceritakan kepada kami mengenai beberapa hal berkaitan dengan mata kuliah rancang pabrik di Undip. Pada pukul 13.20 acara formal dimulai dengan sambutan awal dari Bapak Abdullah dan diikuti dengan penjelasan mengenai LRPTN XII dari perwakilan panitia. Antusiasme 25 peserta roadshow ini terlihat jelas dengan adanya banyak pertanyaan yang muncul pada sesi tanya jawab. Pada pukul 14.30 acara formal pun berakhir. Setelah acara formal ini kami masih menerima beberapa pertanyaan dari para peserta roadshow yang belum ditanyakan pada sesi tanya jawab. Akhirnya setelah 2 jam acara roadshow di kampus Undip Semarang, kami bersiap kembali ke Bandung. Roadshow LRPTN XII di kota Semarang telah berakhir, namun rangkaian acara roadshow ini masih akan berlanjut di kota Yogyakarta dan Bandung. Mari bersama-sama kita sukseskan acara ini, kami tunggu Anda di final LRPTN XII!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar