Rabu, 28 Juli 2010

Mahasiswa Sudah Saatnya Berkarya

Jika kita pernah mendengar perkataan Bung Karno, mengatakan “Berikan aku 10 pemuda, dan aku akan menguncang dunia”, saya pun menyetujui hal tersebut. Pemuda, oiya pemuda, mereka bisa menguncang dunia ini dan merubah generasi ke depan agar lebih baik lagi. Pemuda punya banyak visi dan mimpi. Mimpi itu yang menjadi kekuatan agar mereka mengejar banyak hal demi perubahan.

Pemuda punya satu hal yang sangat besar, yaitu pemuda punya passion yang sangat besar untuk berubah. Pemuda punya mimpi besar, pemuda punya tingkat energik yang tinggi. Pemuda banyak melakukan kreasi baru, inovasi baru, gebrakan baru, dan visi baru. Pemuda bergerak dengan semangatnya yang membumbung tinggi. Pemuda merupakan harapan besar Indonesia sekarang. Hampir 50 % penduduk Indonesia merupakan pemuda pemudi yang mempunyai potensi membawa perubahan kepada Indonesia 10-20 tahun ke depannya. Mahasiswa merupakan pemuda pemudi tersebut. Berikan aku mahasiswa-mahasiswa energik, punya semangat atau passion yang sangat besar untuk melakukan breakthrough dalam kehidupannya ke arah yang lebih baik dan aku akan memberikannya inspirasi agar semakin banyak mahasiswa berkarya. Youth is the future for Indonesia.

Mahasiswa merupakan pemuda pemudi yang memiliki banyak mimpi, kreasi, inisiatif, inovasi, dan gerakan pemuda yang menuju Indonesia yang lebih baik. Youth movement demi masa depan Indonesia sangat dibutuhkan. Pergerakan di bidang climate change, demokrasi, birokrasi, undang-undang, seni kreatif, inovasi teknologi, penelitian yang terbaru, dan sistem kaderisasi yang semakin beresensi merupakan sendi-sendi pergerakan mahasiswa, pergerakan pemuda penggerakan Indonesia 10-20 tahun lagi. Change the Indonesia for the best.

Walaupun pemuda harapan bangsa Indonesia 10-20 tahun lagi, banyak sendi-sendi pemuda pemudi yang juga berbahaya. Titik tersebut terbukti dari pemuda-pemudi Indonesia banyak mudah terpengaruh seks bebas, narkoba, rokok, membentuk geng kriminal, mudah emosional, mudah melakukan kekerasan, dan menganggap dirinya selalu benar. Sikap pemuda pemudi yang punya luapan emosional semangat terlalu tinggi seringkali berarah pada hal negatif. Mereka meluapkan emosional ke arah narkoba, rokok, dan seks bebas. Mereka membentuk geng-geng kriminal dan meluapkan semangat perubahan hanya dengan kekerasan. Mahasiswa bukan zamannya hanya demo saja, tetapi zamannya berbuat sesuatu demi Indonesia. Think globally, do local, dan do now! Berpikirlah besar, lakukan dalam lingkup sekitarmu dan lakukan sekarang, bukan besok atau lusa. Lakukan dengan positif! Youth is not only the future for us, but also an actor/actress from now! Apa yang sekarang bisa kita lakukan, lakukan sekarang dengan passion anda.

Titik kritis arah pergerakan mahasiswa yang tepat adalah pergaulannya. Pergaulan yang tepat akan menghasilkan pergerakan yang tepat dan sesuai dengan arah kemajuan bangsa Indonesia. Pergerakan yang melenceng karena pergaulan akan bersifat fatal. Karya mahasiswa bukan hanya demo saja, bukan kekerasan, bukan sikap brutal, namun “karya” seutuhnya adalah tindakan nyata, act now! Mulailah dengan perubahan besar makna karya mahasiswa dengan pengabdian masyarakat, climate change campaign and action, lakukan perbaikan pendidikan, lakukan perbaikan kesehatan, munculkan organisasi pengkader yang efektif dan baik, perbaiki kualitas penelitian Indonesia, turun ke lapangan untuk berbagi amal, bakti sosial, lakukan perubahan budaya pengolahan sampah, lakukan breakthough lewat menjadi duta lingkungan, duta kesehatan, duta-duta Indonesia lainnya di kancah Internasional, perbaiki prestasi seni dan olahraga Indonesia. Lakukan prestasi-prestasi anda, harumkan nama Indonesia. Integrity is the key for better future.

Lakukan perubahan demi perubahan Indonesia. Lakukan perubahan seperti Pak Anies Baswedan yang mendirikan Yayasan Indonesia Mengajar untuk perbaikan pendidikan Indonesia. Lakukan seperti ITB Eco Campus untuk pergerakan lingkungan yang lebih baik. Lakukan karyamu mahasiswa Indonesia. Lakukanlah apapun jabatan anda sekarang mahasiswa-mahasiswi Indonesia. Lakukan dengan passion anda, bukan dari apa yang anda miliki atau kuasai. A great leader’s courage to fulfill his/her vision comes from passion, not position.

“Kejarlah Impian Anda Yang Menjadi Mimpi dan Imajinasi Terbaik Dalam Dunia Ini”


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar