Senin, 01 Maret 2010

SOP Zero Waste Event

SOP Zero Waste Event

Che Nite

Peace on earth depends on our ability to secure our living environment

DR. Wangari Maathai

- Penerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2004-

Sebuah malam keakraban bagi semua anggota Teknik Kimia ITB, baik mahasiswa, alumni, dosen, maupun staff/karyawan Teknik Kimia ITB. Penerapan dan penyebaran zero waste event di ITB merupakan salah satu langkah dari langkah besar menuju terwujudnya ITB sebagi eco campus.

Rekomendasi agar acara Che Nite memiliki Waste Managementnya baik (Menuju Zero Waste Event):

Perkiraan peserta Che Nite : 200 orang

1. Div Konsumsi

a. Makanan (berat) sebaiknya menggunakan piring dan sendok HIMATEK

Bayangkan jika kita menggunakan stereofoam/ kardus makanan maka kita akan menghasilkan sekitar 200 limbah stereofoam/ kardus setelah acara selesai. Belum lagi di dalam stereofoam/ kardus makanan seringkali terdapat penggunaan plastik sebagai bungkus lalapan,dll yang akan mengakibatkan penimbunan sampah plastik.

b. Minuman

Lebih baik menggunakan minuman berwadah, seperti coca-cola/ teh botol/fruit tea, dst dibandingkan dengan minuman dengan wadah seperti aqua gelas/ gelas plastik yang sekali pakai. Jadi lebih baik diminimalkan sampah yang terbentuk dengan penggunaan minuman yang berwadah. Jika kita menggunakan wadah sekali pakai maka kita mungkin akan menghasilkan sampah sekitar 200 bahkan sampai 250 gelas karena wajar sekali 1 orang mengambil minuman lebih dari 1x dan mengganti wadahnya.

c. Ada Pemilahan Sampah konsumsi (Organik vs Anorganik)

Plastik (TrashBag) sampah-sampah Organik dibuang ke tong sampah Organik ITB
Plastik (TrashBag) sampah-sampah Anorganik dibuang ke tong sampah Anorganik ITB. Jadi kita membantu pemilahan sampah Sarana Prasarana di ITB

2. Div Dekorasi

a. Mengurangi limbah yang terbentuk akibat dekorasi, apalagi limbah yang susah didaur ulang (stereofoam, plastik, dll) atau B3

b. Mengunakkan barang “reuse” untuk dekorasi

Tambahan :

Penggunaan kardus bekas dari Tokema dan kantin-kantin di ITB sebagai bahan baku dekorasi Che Nite, serta penggunaaan koran bekas dari mahasiswa TK sudah sangat baik karena menggunakan sistem “re-use”.

3. Div Acara

a. Meminimalkan acara-acara yang dapat menghasilkan sampah/limbah banyak

b. Secara berkala MC mengingatkan peserta untuk tidak meninggalkan sampah di tempat dia nonton dan untuk membuang sampah pada tempatnya

c. Ikut serta mengambil sampah yang terpapar di tempat penyelenggaraan acara dan membuangnya ke tempat sampah

4. Div Publikasi

a. Disarankan gencarnya publikasi lewat multimedia terlebih dahulu (SMS, Email, Milis, Facebook, Plurk) dan lewat kumpul angkatan serta berbagai kegiatan HIMATEK lainnya dibandingkan gencar di publikasi tempel menempel poster besar atau publikasi yang heboh lainnya di sekitar HIM yang nantinya menimbulkan permasalahan sampah.

b. Menggunakan kertas fotokopi “Bolak-Balik” untuk rundown, TOR, teklap panitia dan kebutuhan kertas lainnya dan sehemat mungkin.

c. Hindari penggunaan stereofoam pada pembuatan properti publikasi

Saya hanya selaku pemberi saran-saran bagi panitia jika panitia ingin membantu meminimalkan sampah/limbah dari kegiatan ini dan ingin membantu ITB Eco Campus 2012. Saya tidak punya peran mengatur atau memaksa. Saya hanya pemberi nasehat dan saran. Panitia yang mempunyai otoritas untuk eksekusi keseluruhan apakah mengikuti saran saya atau tidak. Tidak menjadi masalah andaikata tidak mengikuti rekomendasi saya karena saya yakin panitia punya pertimbangan lebih matang dan lebih mengetahui sikon lebih tepat bagi kegiatan ini. Saya mengerjakan ini dalam rangka saya punya passion dalam kegiatan lingkungan dan sedang mewujudkannya dalam program project Young Leader for Indonesia serta saya tergabung dalam Ganesha Hijau. Passion saya yang mau saya wujudkan yaitu: ”Providing free consultation proactively to minimize waste production and manage waste treatment for HIMATEK (Chemical Enginnering Student Association) & the department of Chemical Engineering ITB.” Semoga saran-saran dari pertimbangan saya dapat menjadi masukan yang berarti bagi panitia dan peserta Che Nite.

Demikian SOP ini dibuat untuk kepentingan kita bersama, Sukses Che Nite 2010 TK ITB

Mohon masukan bagi setiap pembacanya, sebagai masukan bagi saya dan panitia Che Nite, serta dalam mewujudkan ITB Eco Campus 2012. Maaf jika terdapat kesalahan yang tidak disengaja. Punten.

Terimakasih

Ivan Hadinata Rimbualam/ 13007028

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar