Senin, 23 Januari 2012

Youth Movement

Bagi saya, dunia telah berputar sangat cepat sekali, terutama di 50 tahun terakhir ini. Banyak perubahan telah terjadi, mulai dari gaya hidup, ilmu pengetahuan dan teknologi, media-media, makanan dan minuman di dunia ini, transportasi, hiburan, dan banyak lagi. Kalau Anda tidak percaya, silahkan baca saja buku "The Next 50 Years", karangan Richard Watson.

Namun, hal unik yang juga saya temukan adalah timbulnya gerakan-gerakan yang saya bisa bilang luar biasa bagi pemuda pemudi sekarang. Di balik banyaknya berita negatif mulai dari kerusuhan dimana-mana, demo anarkis, kejahatan yang dilakukan pemuda pemudi, kenakalan remaja, obat-obatan yang dikonsumsi pemuda pemudi, saya juga melihat sebuah titik terang. Titik terang itu muncul dari berbagai gerakan yang sangat inspiratif dari para pemuda-pemudi Indonesia. Gerakan yang inspiratif ini muncul dari gabungan pemuda pemudi dari berbagai universitas, baik yang masih mahasiswa/mahasiswi, maupun yang sudah lulus dari universitas.

Gerakan yang saya sebut unik, berani, inspiratif, positif, dan saya sebut akan segera menjadi masif ini dilahirkan oleh putra putri bangsa Indonesia juga. Saya yakin gerakan pemuda pemudi yang positif ini akan semakin banyak, semakin berkolaborasi, dan dampaknya akan semakin besar dan masif ke seluruh pelosok Indonesia. Saya punya keyakinan yang sangat besar akan ini.

Berbagai gerakan inspiratif pemuda pemudi Indonesia dilahirkan terutama pada 5 tahun terakhir. Nama-nama gerakan seperti Indonesia Mengajar, Indonesia Menyala, Indonesian Future Leaders, Forum for Indonesia, Young on Top, Young Leaders for Indonesia, Garuda Youth Community, Indonesia Youth Change Maker, Greeneration, dan masih banyak lagi tentunya sudah tak asing di telinga kita, apalagi jikalau kita juga aktif di kegiatan kampus / youth movement.

Gerakan pemuda pemudi bangsa ini sangatlah patut diapresiasi dan dicontoh. Gerakan-gerakan positif dan inspiratif membangun bangsa Indonesia ini patut menjadi role model bagi gerakan pemuda pemudi seluruh bangsa Indonesia agar titik terang tersebut lebih cepat untuk terwujud. Andai makin banyak pemuda pemudi yang bergerak bersama-sama sesuai dengan bidang & keahliannya masing-masing dan terus berkolaborasi satu dengan yang lainnya, saya semakin yakin kalau suatu saat Indonesia akan menjadi salah satu negara yang kuat & maju di bumi ini. Saya yakin dan saya terus menanti suatu saat itu dengan terus bekerja keras sesuai dengan kemampuan dan keahlian/bidang saya.

Salam hangat,
Ivan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar