Senin, 01 Agustus 2011

4 Kuadran Manusia

Saya baru membaca buku "The Cashflow Quadrant", buku karangan Robert T. Kiyosaki, penulis best seller "Rich Dad, Poor Dad" yang sangat terkenal itu. Wah, ternyata banyak sekali pengetahuan baru akan karakteristik masing-masing manusia yang berbeda cara pikirnya mengenai hal finansial. Manusia dapat diklasifikasikan secara general dalam 4 kuadran utama, yaitu golongan E (Employee), S (Self-Employed), B (Business Owner), dan I (Investor). Disini kita melihat ciri-ciri masing-masing manusia pemeluk tiap kuadran.

Pembeda utama dari masing-masing kuadran adalah darimana sumber penghasilannya berasal. Darimana sumber penghasilannya? Bisa saja penghasilannya berasal dari slip gaji bulanan dan tunjangan, atau berasal dari kerja lepas sesuai keinginannya sendiri, atau dari bisnis yang ia buka sebagai owner, atau dari investasinya di berbagai bidang? Pembeda masing-masing kuadran dijelaskan oleh Robert T. Kiyosaki disini, beserta keuntungan masing-masing kuadran, serta kekuatan dan kelemahannya.

Pasti ini akan menjadi pembelajaran yang baru bagi kalian yang ingin tahu banyak mengenai karakteristik manusia dari segi cashflow quadrant-nya :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar