Rabu, 11 Mei 2011

Penutupan Grand Final LRPTN XII yang Spektakuler, 28 April 2011

Penutupan Grand Final LRPTN XII yang Spektakuler

28 April 2011 di Aula Timur ITB, Bandung

Setelah pembukaan GrandFinalLomba Rancang Pabrik Tingkat Nasional XII (LRPTN) oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia ITB pada hari Selasa, 26 April 2011 lalu, di Aula Timur, ITB, Bandung, dibuka secara simbolis dengan pemukulah gong dan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, M.S.. Rangkaian acara grand final LRPTN berlangsung hingga hari Kamis, 28 April 2011 dengan acara puncak pengumuman pemenang masing-masing finalis dan penampilan dari Jubing Kristianto.

Berbeda dengan hari pertama yang diawali dengan talkshow dari tiga pembicara, yaitu Franciscus Welirang (Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk), Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi (Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology Center IPB), dan Adhi S. Lukman (Gabungan Antar Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia dengan tema ketahanan pangan, hari kedua LRPTN XII diisi dengan seminar tentang ketahanan energi oleh Ir. Triharyo Soesilo, M.Che. (Komisaris PT Pertamina), sedangkan hari ketiga diisi dengan seminar oleh Hilmi Panigoro (Presiden Komisaris PT Medco Energi Internasional, Tbk) tentang current issues in renewable energy development. Menurut Hilmi Panigoro, pengisi acara yang diundang dalam acara ini merupakan orang-orang profesional dalam bidangnya, lebih lanjut beliau berharap masing-masing finalis juga memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat mengikuti jejak para profesional tsb.

Selama tiga hari acara berlangsung, masing-masing finalis juga menunjukkan kebolehan masing-masing melalui presentasi proposal mereka. Hari pertama diisi dengan presentasi finalis dari kategori rancangan pabrik pangan, hari kedua diisi dengan presentasi finalis dari kategori rancangan pabrik energi, dan hari ketiga diisi dengan presentasi finalis dari kategori problem solving masalah Treatment pada Produksi Biodiesel dari Reaktor Esterifikasi menuju Transesterifikasi dari PT Ganesha Energy 77.

Acara penutupan grand final LRPTN XII ini terkesan sangat spektakuler dengan mengusung penampilan dari Jubing Kristianto yang dihadiri oleh seluruh undangan massa himpunan dari dalam dan luar kampus ITB.

Berikut adalah nama pemenang LRPTN XII yang akhirnya terpilih dari 87 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia:

  1. Pemenang Kategori A
    1. Juara I :Pabrik Tepung Ganyong dari Universitas Indonesia
    2. Juara II :Pabrik Antioksidan dan Multivitamin dari Ekstrak Petai dari Universitas Widya Mandala
    3. Juara III :Pabrik Isolasi Pektin Berbahan Baku Kulit Durian dari Universitas Parahyangan
  2. Pemenang Kategori B
  1. Juara I :Pabrik Biodiesel Tanpa Katalis dari Minyak Biji Nyamplung dari ITB
  2. Juara II :Pabrik Biobutanol dari Tongkol Jagung dengan Teknologi Gasifikasi Biomassa, ITB
  3. Juara III :Pabrik Biodiesel Generasi II dengan Teknologi Plasma, ITB

3. Pemenang Kategori C

  1. Juara I : Pembuangan Air Secara Kontinu pada Reaktor Esterifikasi dengan Molecular Sievedari ITB
  2. Juara II :Peningkatan Rasio Molar Metanol dari ITB
    1. 3. Juara III :Increasing Reactant Ratio and Caustic Washingdari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pemenang berhak membawa pulang hadiah total hingga hingga 47 juta rupiah yang dipersembahkan oleh PT Pupuk Sriwidjaja (Persero), PT ANTAM (Persero) Tbk, dan PT Lautan Luas Tbk dan satu ikatan kerja dari PT Rekayasa Industri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar