Kamis, 07 Januari 2010

OTOCleanic


Executive Summary


Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia sangat identik dengan kesibukan. Tingkat kesibukan yang tinggi mengakibatkan waktu masyarakat Bandung untuk mencuci mobil berkurang, dan bahkan tidak ada sehingga dibutuhkan suatu pelayanan cuci mobil yang cepat, bersih dan ekonomis. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, OTOCleanic hadir di kota Bandung. OTOCleanic merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa cuci mobil otomatis sebagai produk utamanya. Sesuai visi dan misi perusahaan, OTOCleanic menyediakan layanan cuci mobil yang bersih dan cepat dengan standar internasional yang didukung staff terlatih. OTOCleanic berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata yang merupakan salah satu daerah strategis di Bandung.

Target pasar OTOCleanic adalah penduduk kota Bandung dan sekitarnya yang berusia 20 – 54 tahun yang berpenghasilan di atas Rp2.000.000,00. Market share OTOCleanic diperkirakan mencapai 33,33%. Harga jasa cuci mobil otomatis OTOCleanic adalah Rp30.000,00 dan Rp500.000,00 untuk salon mobil. Setiap bulannya perusahaan sanggup mencuci 3168 mobil dan melayani 245 mobil untuk jasa salon mobil. Promosi dilakukan melalui selebaran (flyer), situs resmi perusahaan, dan program khusus lainnya.

Setiap bulan, perusahaan akan menerima laba sekitar Rp40.088.035,00. Modal perusahaan berasal dari investor, bank, dan dana pribadi dengan persentase masing-masing sebesar 36%, 37%, dan 27%. Secara umum, bisnis ini sangat layak untuk dijalankan mengingat besar IRR yang diproyeksikan mencapai 11,32% dengan tingkat pengembalian sebesar Rp1.390.721.927,00.
Seiring dengan berjalannya waktu, OTOCleanic akan membuka cabang/gerai di berbagai kota besar lainnya di Indonesia dan menjadikan OTOCleanic sebagai bisnis dengan sistem waralaba (franchise).


Tugas Ekonomi Teknik
Business Plan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar