Sabtu, 12 Juli 2008

Cerita Pengalaman

Huah...mau cerita pengalaman gw nie...saat Pengabdian Masyarakat Padi SRI di Ciparay 19-21 Juni 2008
Tahu gak??

saat menjadi kordiv acara PM..banyak masalah yg bisa dibilang jadi tantangan bagi gw...
Acara menjadi masalah yg krusial dan sangat penting di dalam sebuah acara sebesar ini..

Saat keadaan genting danus ga sampai....gmn yah acara bisa terwujud..membuat pikiran gw pusink...
terus jujur gw masi dalam tahap belajar di kepanitiaan ini. Belajar dari Adi khususnya sebagai ketua bareng2...di acara...
huah trims Adi...ketegasan dan ide2nya gw belajar banyak...Banyak d hal yang gw belajar..Gw tahu semua harus ada prosesnya utk belajar , semua harus percaya ma rekan kerjanya , timnya..
Yah belajar tegas , belajar beride kreatif di tengah UAS sem 2 gw tak mudah memang, rintangan yg berat.Akademik dan PM??mana gw pilih..bingung kan...
HArus rapat sering dan bisa ampe larut malam, kerjaan banyak , pikiran banyak juga lagi..
Caci maki , kritikan bisa jadi masukan yang baik buat gw...pembelajaran yang sangat baik....Kritik dari dosen , dr TK 06 angkatan atas bahkan dari temen sendiri

Yah itu semua gak setara dgn rintangan pas hari H...Kak Wiwin dan Kak Anggit selalu menenangkan gw dan memberi ide yg bagus sekali.....Pak Hari KaProdi yang selalu mendukung acra ini juga sangat mendukung kami semua..

1 hr sebelum hari H ...tau gak gw panik....Kita jadi ketua acar be2....tanpa dia gw aga pangling...bingung bgt...tugas2 dia harus gw tanganin semuapadahal gw ma dia , gw maish banyak belajar..hauh..panik dan gw memtuskan nari Anissa jadi gantinya Adi...wah kepercayaan yg gw berikan setara dgn kinerjanya..baik bgt dan sangat menolong gw. Semuanya juga sangat bantu gw ..trims bgt..

Dia juga sangat berterimakasih gw kasi kepercayaan..jadi seneng kan...hm
Pas hari H nya....gw juga drop keadaan fisiknya...persiapan yg seabrek2 banyaknya buat gw cape bgt ..Fisik gw lemah bgt di hari pertama tgl 19 Juni...wah....berat rasanya...demam gw naik turun..Gw skt radang tenggorok kata dokternya.

Tau gak??gw terharu melihat temen2 gw care ma gw di saat gw sakit demam...Gitta , Riri, Kintari , Anissa , Vici ,Atyka , Kak Wiwin , Kak anggit selalu bilang gw istirahat geh dulu...
Makanan obat dll diurusi mereka...trims bgt yah...kebaikan lo orang gak bakal gw lupain...

Tau gak napa gw ga mau istirahat??walau sakit gw mau nunjukin gw ini harus tanggung jwb...tugas gw mengkoordinir sendirian tanpa Adi bukan tugas mudah jadi gw pengen mengontrol semua dgn baik biar acar berjalan baik adanya.....Gw mau jadi org yg turun langsung ke lapangan , melihat kinerja masing2 , melihat acara 1-1 , gw seneng jika bisa berkomunikasi dgn masyarakat , petani2nya...
Terjun ke lapangan langsung adalah tugas yg penting bgt..Karena PM tanpa komunikasi tiada berarti....softskill sgt dibutuhkan agar acara suskes.
Yah pokoknya sakit ga jadi penghalang buat gw utk tetep tunjukin kinerja yg terbaik utk ngerjain agar acara ini sukses semuanya... Sakit hanya halangan saja yg harus gw lalui..

Masalah sakit di hari pertama gw lalui....hari ke 2..gw kembali diberikan suatu tantangan ..masalah datang...rundown hari ke2 berubah acak..random...acaranya banyak yang berganti jdwl....pusink melanda...tapi acarapun sukses...melebihi target pserta dan sukses...

Tau gak penyuluhan kompos...pembicaranya Kak Aan dari Biologi 2002 ITb mengeluh masalah penjemputan , masalah keterlambatan dan smpai ak ada petani yang datang saat penyuluhan jam 10 pagi.Dia kecewa dan aga kesel.
Gw , Anissa , Kintari memtuskan buat pindahin penyuluhan ke jam 1 dan menjamin ke Kak Aan minimal 20 petani akan datang, gw ud kaya pemain judi. Gw pengen meminta maaf atas kesalahna kami dgn menjamin akan 20 orang pasto datang. Gw ga mau ngecewain Kak Aan. Gw pengen semua pihak senang.
Gw berjudi bahwa gw menjamin 20 petani akan datang walau diundur jam 1 siang. Ternyata..mukjizat dari Tuhan dan pikiran positif kita2 membuat yang datang 40 oragng(bahkan 2 kali lipat jaminan kami)
Kak Aan sangat senang , bahkan mau berdialog dgn warga lama sekali, wajah berkerut nya berubah menjadi senyum dan bahagia...

Wah senangnya bgt kita2...mampu melewati masalah ini dengan baik...
Percayalah masalah dapat kita lalui , Tuhan akan memberikan sesuatu yg tidak melebihi batas kemampuan kita. Berpikrilah positif selalu , tidak ada yg lebih penting dari kerja keras dan pantang menyerah , dan ingat komunikasi dan terjun ke lapangan adalah hal yang penting ke masyarakat.
Semoga pengalaman ini berguna buat kalian..

Aminn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar